
Seiring dengan makin pesatnya teknologi dan perkembangan jaman yang
menuntut semuanya serba instan, sepertinya masyarakat sekarang cenderung
menyenangi segala hal yang berbau praktis, taktis dan ekonomis.
Demikian juga halnya dalam bidang perayaan pesta pernikahan. Pernikahan
yang merupakan suatu ikatan yang suci, memang idealnya hanya berlangsung
sekali dalam seumur hidup, sehingga diperlukan suatu perayaan pesta
pernikahan yang sebaiknya abadi untuk dikenang. Bagaimanakah seluk beluk usaha jasa wedding organizer?
Tips dan triks
Pada dasarnya salah satu tugas dari seorang wedding organizer adalah
mengatur jadwal acara, dan memastikan rundown acara yang telah disusun
berjalan lancar. Berikut ini beberapa tips dan triks mengenai seluk beluk usaha jasa wedding organizer yang perlu diperhatikan agar jasa yang ditawarkan tidak mengecewakan pemakainya, yaitu:
- Gedung dan Fasilitasnya. Jenis gedung beserta fasilitas dan kelengkapannya juga disesuaikan dengan harga paket yang ditawarkan.
- Catering. Catering disesuaikan dengan jumlah tamu undangan yang rencananya akan diundang manghadiri resepsi pernikahan.
- Dekorasi Pelaminan. Dekorasi pelaminan mencakup besarnya ukuran pelaminan beserta asesoris pelengkapnya.
- Tata Rias. Tata rias mencakup mempelai, kedua orangtua dari kedua pihak mempelai beserta penerima tamu.
- Dokumentasi. Dokumentasi pernikahan mencakup foto dan video shooting pada saat seremonial acara.
- MC. Pembawa acara atau Master of Ceremony yang bertugas membacakan dan memberikan pengarahan urutan pelaksanaan acara.
- Musik hiburan. Hiburan yang harus disediakan minimal sebuah organ tunggal dengan seorang penyanyi dengan sound sistemnya.
- Pengiring pengantin ketika hendak memasuki tempat resepsi dan duduk di pelaminan, bisa dikenal dengan cucuk lampah atau mamang lengser atau pembawa payung.
- Kotak Angpau. Kotak angpau yang disediakan minimal dua buah.
- Kotak Souvenir. Kotak souvenir yang disediakan minimal dua buah.
- Compliment. Pelengkap tambahan yang mencakup jas lengkap, 4 buah buku tamu beserta alat tulisnya, 2 buah vas bunga untuk meja tamu beserta crew wedding organizer yang jumlahnya disesuaikan.
Demikianlah beberapa tips dan triks mengenai seluk beluk usaha jasa wedding organizer
yang perlu diperhatikan kelengkapannya. Apabila belum bisa enyediakan
semua kelengkapan secara sendirian, pertimbangkan sistem konsinyasi atau
rekanan. Selamat memulai usaha dan semoga bermanfaat.